Senin, 02 November 2009

Pariwisata Kesehatan

PARIWISATA KESEHATAN

DI JAWA BARAT

Oleh:

Iim Rogayah D.

  1. PENGANTAR

Era globalisasi memberikan dua jenis pengaruh yang saling bertolak belakang dan sama kuat. Negara yang terlibat di dalamnya akan memperoleh berbagai keuntungan materi yang luar biasa. Dunia bisnis import-export akan berkembang dengan pesat karena tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu; transaksi berharga jutaan dollar bisa dilakukan dengan siapa saja, kapan saja tanpa harus mempertimbangkan lokasi dan situasi. Berbagai informasi tentang politik, sosial dan budaya negara lain dapat dengan mudah diakses di mana saja dan kapan saja. Apa yang sedang berlangsung di suatu Negara dapat dilihat dan didengar pada waktu yang sama dengan akurat kalaupun ada perbedaan waktu bias diatasi dengan penyesuaian waktu.

Kondisi ini membantu masyarakat yang hidup di Negara yang bersangkutan untuk lebih maju, lebih berwawasan, lebih kompetitif dalam segala hal. Secara duniawi mereka yang kuat dan berkualitas akan mampu bersaing dan mungkin malah menguasai dunia. Kalangan elite Indonesia dapat menikmati kehidupan dunia yang glamour sebagaimana mereka yang berasal dari Negara maju. Bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa kalangan atas Indonesia menyekolahkan anaknya di luar negeri, memiliki apartment di USA, Australia, dan negera Negara maju lainnya. Pesawat terbang menjadi sarana angkutan pribadi yang sangat efesien dan berbagai jenis mobil mewah lalu lalang di kota-kota besar Indonesia.

Di lain pihak anggota masyarakat yang tidak cukup kuat dan kurang mampu bersaing semakin lama semakin tersisih dari peredaraan globalisasi. Hukum rimba mulai menerpa masyarakat yang terlibat secara aktif sehingga mereka yang kuat semakin kuat dan yang menengah atau kalangan bawah semakin lemah. Kondisi ini dapat memicu munculnya berbagai kendala dan ketegangan yang pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit baik fisik maupun psikis, mulai dari yang ringan dan dapat disembuhkan dengan mudah sampai penyakit yang tidak ada obatnya.

Berkenaan dengan fenomena di atas pemerintah melalui undang-undang perburuhan telah merumuskan hak-hak sosial termasuk hak berlibur dan beristirahat dalam upaya memelihara supaya orang merasa selalu sehat dan segar baik fisik maupun mentalnya. Berlibur dan beristirahat hendaknya tidak ditafsirkan istirahat diwaktu senggang saja melainkan hak berlibur dan beristirahat ditujukan untuk memberi arti yang wajar pada hari-hari libur atau cuti guna kesehatan dan kesegaran fisik dan mental seseorang dengan berwisata.

Di masa lampau berlibur atau beristirahat merupakan sesuatu yang mewah namun setelah kemajuan berpikir masyarakat lebih mendalam dan ilmiah terjadi pergeseran nilai dan khusus bagi masyarakat kaum pekerja, tani, pelajar dan golongan kecil lainnya libur dan istirahat adalah rekreasi dan relaksasi yang sepenuhnya ditujukan untuk kesehatan mental dan fisik mereka.

Ilmu kedokteran berkembang dengan pesat begitu pula berbagai jenis pengobatan alternatif baik yang dilakukan oleh seorang profesional maupun amatir. Bertolak dari fakta-fakta tersebut, makalah ini akan mencoba membahas peranan pariwisata kesehatan dalam memajukan kepariwisataan di Indonesia khususnya di Jawa Barat.

  1. DEFINISI PARIWISATA KESEHATAN

Berbagai definisi tentang pariwisata kesehatan diberikan oleh para pakar sebagai berikut: Recuperation tourism is a moving or tourist activity which tourists are excited because this place has facilities needed to be health. (Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata, 1983). Sementara Eliya (2000) menambahkan bahwa Recuperation tourism is a moving or tourist activity which tourists are excited because this place has facilities needed to be health or to feel fresh air in a beautiful place. Hal senada diungkap oleh Pendit (1996:37) yang menyatakan bahwa recuperation tourism represents a journey of a tourist as a mean to convert place, environtment and situation where he remains everyday for the benefit of rest for him in spiritual and corporeal meaning by visiting resorts at the same time medititation like at the source of contained hot wellspring of mineral able to heal to to make healthy or at places providing other medication facilities.( lihat pula Tabacchi, Benbhi, Wahab, Webster Distionary, Kamus Travel dan Wisata dan Idmarta)

Lebih lanjut Oka menjelaskan bahwa this recuperation has been doing by tourists who want to go to a place and another place because they have listened their doctor or they have attitude after bored or tired for their job. Sementara Finn (2002) melihat pariwisata kesehatan sebagai a long term sustainable and profitable industry. Ahli ini kemudian menambahkan bahwa health tourism is not very different than beach, eco or traditional tourism. It is a bit different from the other forms of tourism due to the fact that it is a form of telemedicine and like conventional medicine, there are in inherent ethical rules, codes of conduct and practise guidelines and patterns.

Berdasarkan definisi yang diberikan berbagai pakar di atas dapat diasumsikan bahwa pariwisata kesehatan kegiatan wisata yang dilakukan oleh orang-orang ke berbagai tempat dengan tujuan memperoleh fasilitas yang dibutuhkan untuk memperbaiki, menyembuhkan berbagai penyakit atau sekedar menghilangkan kebosanan dari tekanan pekerjaan se hari-hari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyadari akan pentingnya pariwisata kesehatan dengan mulai membuat projek jangka panjang tentang pencatatan secara resmi tanaman dan obat-obatan yang ada dalam budaya traditional yang sudah terbukti memiliki keampuhan menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini didukung oleh para pengusaha terkait yang melakukan kampanye secara maraton ke berbagai negara seperti Eropa Barat, Amerika Tengah, Jepang, Saudi Arabia dan negara-negara lainnya. Kampanyenya sendiri terutama ditujukan kepada para pasien kaya yang mencari tempat untuk istirahat, relaksasi dan pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit kanker, atau penyakit lain yang tidak dapat disembuhkan oleh pengobatan modern lainnya.

  1. JENIS PARIWISATA KESEHATAN

Jenis pariwisata kesehatan sangat variatif mulai dari yang sangat sederhana sampai ke yang sangat canggih yang tentu saja menuntut biaya yang sangat besar. Pariwisata kesehatan sendiri sebenarnya dapat dibagi dua yaitu pariwisata kesehatan fisik dan psikis. Parwisata kesehatan fisik meliputi sarana untuk penyembuhan penyakit kulit, relaxation, dan kecantikan sementara kesehatan psikis terdiri dari penyembuhan akibat obat-obat terlarang, depresi, dan gangguan mental.

Yang disebut belakangan biasanya dilakukan di rumah peristirahatan, rumah sakit dan pesantren serta hanya terbatas pada pengunjung yang memang menderita penyakit dan tidak dapat dinikmati oleh rekan, keluarga, dan sanak famili walaupun pada masa sekarang sudah mulai dikembangkan untuk bisa pula dinikmati oleh keluarga terdekat. Salah satu contoh Pesantren Suryalaya yang terletak di Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat dan sangat terkenal di seluruh Indonesia sekarang ini menyediakan program yang dapat diikuti oleh keluarga pasien sementara menunggu proses penyembuhan yang bersangkutan. Jenis pariwisata kesehatan ini dilakukan oleh keluarga menengah ke atas karena biayanya cenderung sangat mahal terutama pengobatan akibat narkoba, alhohol dan sejenisnya.

Jenis pariwisata kesehatan fisik yang berkaitan dengan kecantikan biasanya berupa spa, salon kecantikan dan pemandian air panas. Jenis pariwisata kesehatan ini lebih bisa dinikmati oleh segala lapisan masyarakat karena relatif lebih murah, banyak pilihan, dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing.

  1. PERKEMBANGAN PARIWISATA KESEHATAN DI DUNIA

Pariwisata kesehatan mulai menarik perhatian beberapa negara di dunia terutama negara yang memiliki berbagai keterbatasan kekayaaan alam. Misalnya Amerika Utara, Eropa dan negara-negara Orient yang berusaha dengan giat mencari dan memperkenalkan metoda pengobatan terapi alam dan tradisional.

Negara Dominica seperti juga Afrika Selatan, Israel, Costa Rica, Junani dan negara-negara sepanjang Laut Mediterania menggunakan keunikan dan daya tarik tanah mereka untuk mengembangkan pariwisata kesehatan dan menarik wisatawan dari seluruh belahan dunia. Secara terus-menerus pemerintahnya memberikan pendidikan modern kepada pelaksana pariwisata dan menggalang kerjasama antar departemen untuk mengembangkan berbagai potensi seperti sumber-sumber alam yang mengandung obat (air panas, danau mendidih, air terjun, hutan tropis, tanaman dan tumbuhan obat bahkan juga jenis music traditional yang menenangkan).

Program-programnya direncanakan sedemikian rupa sehingga baik yang kaya maupun yang keuangannya terbatas dapat menikmatinya. Bagi wisatawan kaya, sembari berobat mereka dapat tidur di hotel-hotel berbintang, yachts atau kapal pesiar, mengikuti safari, dokter-dokter pribadi dengan mudah dapat dihubungi lewat tilpon, hp, e-mail, internet, satelit dan Tele-internet Based Medicine lainnya.

Pemerintahnya menggunakan misi-misi kunjungan ke luar negeri untuk mengiklankan di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja, menawarkan cara menikmati liburan yang menyenangkan dan menyehatkan, seperti menikmati sunset sambil makan obat dan terapi kesehatan, menikmati pagi hari di curug atau danau air panas sambil terapi kanker atau periksa kesehatan sambil relaksasi.

United Kingdom sebagai salah satu negara yang juga sangat memperhatikan pariwisata kesehatan mengeluarkan aturan-aturan yang sangat ketat untuk wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut.

Tabel 1 berikut memperlihatkan bagaimana perkembangan pariwisata kesehatan di Romania yang memiliki 35 kota dan 103 desa pedalaman. Berbeda dengan negara lain di dunia yang mengembangkan objek wisata terlebih dahulu baru menambahkan pariwisata kesehatan, Romania melakukan hal yang sebaliknya; mengembangkan pariwisata kesehatan terlebih dahulu baru menambahkan beberapa atraksi wisata dan fasilitan lain.

Tabel 1

JENIS PARIWISATA KESEHATAN

DI ROMANIA

No

Lokasi

Kota

Jenis Penyakit yang Dapat Disembuhkan

Treatment

Fasilitas yang Tersedia

1

Vatra Dornei

1. Cardiovascular diseases

2. Degerative and abarticular rheumatic diseases

3. post traumatic conditions

4. peripheral and central neurological diseases

5. endocrine disorders

6. gynecological, respiratory, neurotic, metabolic and nutrition, digestive and other disorders

1.mineral water baths in tubs,

2. mud and paraffin,

3.Electrotherapy,

4.hydrotherapy

5. massage

6.medical gymnastics

7. sauna

8. artificialmofette

1. hotel

2. villas

3. private homes

4. mountainerring and winter sport

5. natural park

6. band concert

7. hunting

8. natural science museum

2

Singeorz Bath

1.disorders of alimentary canal

2. hepatobiliary disorders

3. metabolic and nutrition disorders

4. Degerative and abarticular rheumatic diseases

1. mineral water baths in tubs,

2. mud and paraffin,

3.Electrotherapy,

4.hydrotherapy

1.club

2.cinema

3.mechanical games parlour

4.tennis courts

5 volly ball grounds

6. trip to hills, wine cellar, the Coopers Tower

7. museum

3

Borsa

1.chronic diseases of alimentary canal

2. kidney and urinary system diseases

3.asthenia enurosis and respiratory disorders

1. mineral water baths in tubs,

2. mud and paraffin,

3.Electrotherapy,

4.hydrotherapy

1 hotel

2. mountainerring and winter sport

4

Durau

1 asthenic neurosis,

2. weakly condition

3. Physical and intellectual overrexertion,

4. seconday anemia

1. spa

1.mountainerring and winter sport

5

Borsec

1 Cardiovascular diseases

2. endocrinological diseases

3. hepatobiliary disorders

4. digestive disorders

5 kidney and urinary system diseases

6. asthenia enurosis

7 metabolic and nutrition,

1. warm bath with carbonated minarel water in tubs

2. indoor pool

3. fountains

4. Electrotherapy

5. hydrotherapy

6. paraffin

1. gyms

2. sport grounds

3. cinema halls

4. blazed mountain trails

5. ski and sleigh runs in winter

6

Tusnad Bath

1. central nervous system

2. Cardiovascular diseases

3. urinary system diseases

1. bath with with carbonated minarel water

2.galvanic baths

3. paraffin

4. Electrotherapy

5. mofette

  1. gyms
  2. lake

7

Covasna

1.Cardiovascular diseases

2. hepatobiliary disorders

3. digestive disorders

4. associated diseases

1. bath with with carbonated minarel water

2. mofettes

3.fountains

4.Electrotherapy

5. botting station

1. gym

2. hospital

3. children sanatorium

4. spa

8

Slanic Moldova

1.digestive disorders

2.hepatobiliary disorders

3.metabolic and nutrition disorders

4. Degerative and abarticular rheumatic diseases

5. Cardiovascular diseases

6. respiratory disorders

7. endocrine disorders

8. gynecological

1. fountains

2.pool for kinetotherapy

3.mofettes

1. gym

2. hospital

3. children sanatorium

4. spa

9

Cheia

1. asthenia enurosis

2. Physical and intellectual overrexertion,

3.benign hyperthroidism

4. rachitis

5.Juvenile growth disorders

6. secondary anemia

1. bath with with carbonated minarel water

2. mofettes

3.fountains

4.Electrotherapy

5. botting station

a. 1 villas

b. 2. motels

c. 3. chalets

d. 4 mountains

e. 5. monastery

10

Slanic Prahove

1. Degerative and abarticular rheumatic diseases

2. arthitis

3. polyathrrosis

4. tendonitis

5. tendomyositis

6. scapulomeral

7. post traumatic conditions

8. peripheral and central neurological diseases

9. gynecological disorder

10. respiratory disorders

11. dermathological diseases

1 mineral water baths in tubs,

f. 2.cold bath in the lake

g. 3. warm mud

4 Electrotherapy

h. 1. resorts

i. 2. boats

j. 3.villas

k. 4.pavillions

5. private houses

11

The Unirea Mine

1. respiratory disorders

2. asthma

streambed

l. 1.rooms house football

m. 2. handball ground

n. 3. running track

4. museum

o.

12

The Mihai Mine

1.respiratory disorders

2.asthma

streambed

p. resorts

13

Sovata

1. gynecological disorder

2. generative and abarticular rheumatic diseases

3. post traumatic conditions

4. peripheral and central neurological diseases

5. endocrine disorders

6. Cardiovascular diseases

1.warm baths of salt mineral water

2.tubsand pools

3.Pools for kinetotherapy

4. Electrotherapy

5. sauna

6.medical gyms

7. spa

q. 1. beaches

r. 2.hotels

s. 3. villas

t. 4. inns

u. 5. motels

v. 6.amusements

w. 7.Sports

x.

14

Calimanesti

1. digestive disorders

2. hepatobiliary disorders

3. kidney and urinary system diseases

4. metabolic and nutrition,

5. respiratory disorders

6. peripheral and central neurological diseases

7. rheumatic diseases

8. post traumatic conditions

9. gynecological disorder

10.ear, nose, throat diseases

11. dermathological , Cardiovascular diseases

1.warm baths of salt mineral water

2.Electrotherapy

3 kinetotherapy

4.outdoor pools

5. medical gyms

6. sauna

7.sanatorium

y. 1. church

z. 2.museum

15

Olanesti Bath

1. kidney and urinary system diseases

2. chronic diseases of alimentary canal

3. metabolic and nutrition disorders

4. respiratory disorders

5. dermathological diseases

6. associated diseases

7.otorhynolaryngological diseases

1.warm baths of salt mineral water

2. Electrotherapy

3.hydrotherapy

4.gyms

5.fountains

aa. 1. church

16

Voineasa

1. asthenic neurosis

2. weakly conditions

3. physical and intellectual

4. secondary anemia

1 warm baths of salt mineral water

2.aeroheliotherapy

3. kinetotherapy

4. hydrotherapy

5gyms

bb. 1. forest reservation

cc. 2. lake

17

Baile Herculane

1.generative. rheumatic diseases

2.inflammatory

3.abarticular. rheumatic diseases

4. peripheral and central neurological diseases

1.hydrotherapy

2. kinetotherapy

3. Electrotherapy

4. gyms

5. sauna

dd. 1. peak

ee. 2. springs

ff. 3. caves

gg. valley

18

Geoagiu Bathgeoagiu bai

1. degerative and abarticular. rheumatic diseases

2. peripheral and central neurological diseases

3. gynecological disorder

4.gastroduodenal diseases

5.hepaytobilary

6. kidney diseases

1. air therapy,

2. warm baths of salt mineral water

3 hydro-electro-photo and thermotherapy,

4.herb baths

5.outdoor thermal water pools

hh. 1. beaches

ii. 2.hotels

jj. 3. villas

kk. 4. inns

ll. 5. motels

mm. 6.amusements

nn. 7.Sports

oo.

19

Moneasa

1.degerative and abarticular. rheumatic diseases

2. peripheral and central neurological diseases

3. gynecological disorder

4. metabolic and nutrition disorder

1. warm baths of salt mineral water

2. hydrotherapy

3.kinetotherapy

4.Electrotherapy

5. outdoor pools for cold mineral water baths

6.sunbathing area

pp. 1.Cinemas

qq. 2.theatre

rr. 3. bowling

ss. 4 boating

tt. 5.Sportsground

uu. 6. trips to cave

vv. 7. waterfalls

ww.

20

Stana De Vale

1 asthenic neurosisi

2.certainendoctrine disorders

3. respiratory disorders

4. Physical and intellectual overrexertion

5. anemia

6.rachitis and growth disorders

1 Electrotherapy

2. herb baths

3.sauna

4.medicalgyms

5. massage parlor

xx. 1. hotels

yy. 2. villas

zz. 3.pavillions

aaa. 4. waterfalls

bbb. 5.Caves

ccc. 6.Lakes

ddd. 7.chalet

21

Felix Bath

1.inflamantory rheumatic diseases

2. degerative and abarticular. rheumatic diseases

3.peripheral and central neurological diseases

4. gynecological disorder

5. post traumatic conditions

6.endocrinological disorder

1. warm baths of salt mineral water

2. kinetotherapy

3. thermal water pools

4.physiotherapy

5.inhalations and aerosois

6.gymnasiums

7. sauna

8.Swimmi ng pools

9.spa

eee. 1 natural park

fff.

22

Lacu Sarat

1. degerative inflamantory and abarticular. rheumatic diseases

2.gynecological disorder

3.dermathological

4.endocrinological disorder

5 peripheral and central neurological diseases

6.post traumatic condition

7. respiratory disorders

1 warm baths of salt mineral water

2.aeroheliotherapy

3. kinetotherapy

4. hydrotherapy

5gyms

ggg. 1.buses

hhh. 2.trams

iii. 3.ships

23

Amara

1.degerative inflamantory and abarticular. rheumatic diseases

2. gynecological disorder

3.assosiated diseases

1. warm baths of salt mineral water

2.sunbathing

3. bathing in lakes

4.spas

jjj. 1 villas

kkk. 2. motels

lll. 3.chalets

mmm. 4 mountains

nnn. 5. monastery

Source: Mlesnita, 2002

Dari tabel di atas dapat ditarik simpulan bahwa pariwisata kesehatan dapat menjadi sumber devisa negara apabila dikelola secara profesional, tanpa merusak kondisi geography yang ada dan bahkan mengubah daerah yang tadinya susah berkembang karena lokasi yang jauh dan transportasi terbatas menjadi area yang sangat bermanfaat. Informasi mendetail dalam tabel yang sama memperlihatkan bagaimana pemerintah Rumania mengoptimalkan kondisi yang ada sedemikian rupa sehingga wisatawan dapat memperoleh pelayanan untuk berbagai penyakit dengan mempertimbangkan kesejahteraan keluarga wisatawan sehingga saat seorang wisatawan sedang melakukan pengobatan anggota keluarga lain dapat menikmati objek wisata lain baik yang sudah ada maupun yang sengaja dibangun untuk kepentingan pariwisata di lokasi tersebut.

  1. PARIWISATA KESEHATAN DI INDONESIA

Perkembangan pariwisata kesehatan di Indonesia sekarang ini juga sangat cepat sejalan dengan terjadinya perubahan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. Beberapa tahun lalu pemeliharaan kecantikan dan kebugaran tubuh hanya milik kaum hawa, bersifat amatir dan belum dikelola secara professional. Kalaupun ada salon kecantikan biasanya merupakan usaha jasa home industry, dikelola ibu rumah tangga dengan peralatan yang relatif sederhana. Pengobatan phisik dan kulit seperti pemandian air panas, umumnya masih merupakan bagian dari suatu objek wisata yang lebih dahulu ada di lokasi dan belum mendapat perhatian yang serius baik dari pemerintah maupun pengelola pariwisata kesehatan. Beberapa pariwisata kesehatan yang sudah dikembangkan di wilayah Indonesia dapat dilihat dalam tabel berikut:

Tabel 2

PARIWISATA KESEHATAN YANG SUDAH DIKEMBANGKAN

DI INDONESIA

Nama

Lokasi

Jenis Penyakit yang Disembuhkan

Fasilitas yang tersedia

1

Hot Spring Lau Debuk-debuk

Sumatera

Utara

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1. Kolam renang

2. Restaurant

3. Street vendour

4. Parking area

5. Steambath therapy

6. Hot waterfall

2

Simpang Balek

Aceh

1.Penyakit kulit

2. Relaxation

1.Hot spinning pools

2.Restaurants

3.Play grounds

3

Danau Laut Tawar

Aceh

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Hot spinning pools

2.Restaurants

3.Play grounds

4

Pemali Hot Spring

Bangka

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

5

Suban Hot Spring

Bengkulu

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

6

Air Terjun Kepala

Carup

Bengkulu

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Hot waterfall

7

Taman Sari

Jakarta

Natural spa products

1.Executive rooms

2.Treatment rooms

3.salon and beauty care

4.fitness cebtre

5.meditation room

6.concultation room

7.steam and sauna rooms

8.whirlpool

9.swimming pools

10.multipurpose ball room

8

Guci Hot Spring

Tegal

1.Penyakit kulit

2. Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

9

Hot Spring Songgoriti

Malang

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Beautiful view

2.High sulphur

3.Restaurants

4.Hot-cold bathrooms

10

Way Belerang

Lampung

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Beautiful view

2.High sulphur

3.Restaurants

4.Hot-cold bathrooms

11

Tirta Tapta Hot Spring

Bangka

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

3.Cancer

4.Rematics

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

7.Flora dan fauna

8.Danau pemancingan

12

Semurup Hot Spring

Jambi

Berbagai penyakit

Warm water

13

Kali Bancin

Jambi

1.Penyakit kulit

2.Rematics

3.Fatigue

Mineral water

14

Karumenga Hot Spring

Menado

Berbagai penyakit

Mineral water

15

Air Panas

Kalimanta Tengah

Berbagai penyakit

Warm water

16

Otak Kokok Gading

Nusa Tenggara

Berbagai penyakit

Spa gulp

Milk bath

Sumber: Berbagai sumber di Perpustakaan STBA Yapari ABA Bandung: 2006

Tabel 2 menunjukkan bahwa hampir di setiap wilayah Indonesia dapat ditemukan pariwisata kesehatan yang sudah dikembangkan; hal tersebut dapat dipahami mengingat Indonesia merupakan kepulauan yang kaya akan alam dan pegunungan yang tersebar baik di lima pulau terbesar di Indonesia maupun di beribu pulau kecil lainnya. Namun sayang sekali data tentang keberadaan pariwisata kesehatan yang belum dikembangkan dan masih sangat alami belum dapat diketahui dengan pasti.

Sekarang malah bermunculan salon-salon mulai dari yang sangat sederhana sampai yang sangat eksklusif lengkap dengan dokter-dokter ahli kecantikan dan kulit. Penyebarannya juga sangat menyeluruh, sehingga kemanapun kita pergi bahkan ke daerah-daerah, kita dapat menemukan salon dengan berbagai kelebihannya mulai dari yang sangat tradisional sampai yang super canggih dengan berbagai alat dan obat buatan luar negeri.

Yang menarik untuk disimak adalah munculnya trend baru. Salon kecantikan tidak saja dikunjungi oleh kaum hawa namun juga kaum pria. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, dan Bandung bahkan muncul sejumlah salon yang khusus melayani para pria dari mulai membersihkan wajah, memakai master, menutupi pori-pori dengan ice globe, pengelupasan dengan enzim (enzim peeling), luluran, mengoleskan obat jerawat, pelembab dan tabir surya sampai manicure, pedicure dan lain-lain. Mustika Ratu sebagai penghasil produk kecantikan terkenal di Indonesia juga mulai meluncurkan produk kosmetik untuk pria bahkan menyediakan tempat perawatan khusus untuk pria.

  1. PARIWISATA KESEHATAN DI JAWA BARAT

Sebagai salah satu propinsi terbesar di Indonesia, Jawa Barat kaya akan pariwisata kesehatan baik yang sudah dikembangkan maupun baru dikenal oleh segelintir orang yang memang berkepentingan untuk mengobati berbagai penyakit yang dideritanya. Secara umum fasilitas yang tersedia di pariwisata kesehatan yang sudah berkembang cukup memadai. Di Bandung sebagai ibu kota Propinsi Jawa Barat terdapat ribuan salon dari yang super mewah sampai yang paling sederhana.

Secara garis besar pariwisata kesehatan di Jawa Barat dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu yang sudah dikembangkan dan yang belum dikembangkan. Pariwisata kesehatan yang sudah dikembangkan juga terbagi dalam dua kelompok yaitu yang dikembangkan berdasarkan potensi yang dimiliki dan yang dikembangkan secara modern. Yang disebut belakangan biasanya menitikberatkan pada kepentingan kesehatan dan kecantikan fisik.

Tabel 3.

PARIWISATA KESEHATAN YANG SUDAH DIKEMBANGKAN

DI JAWA BARAT

No

Nama

Lokasi

Jenis Penyakit yang Dapat Disembuhkan

Fasilitas yang tersedia

1

Batu Kuwung

Hot Spring

Serang

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Hot bath rooms

2.Swimming pools

3.Inns

4.Restaurant

5.Resorts

2

Ciater Hot Spring

Subang

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

3.Rhematical deseases

4.Injured organs of locomotion

5.Gynaecological disturbance

6.Nervous system

7.Sport injures

1.hot swimming pools

2.hotel/cottage

3.restaurant

4.tempat berkuda

5.tempat bermain

6.hydrotheraphy

7.electrotherapy

3

Cimanggu

Ciwidey

1.Penyakit kulit

2.Rhematicss

3.Cases after accidents

4.Operated peripherial nerves

5.Strains

6.Dislocation

7.Cases of psoriasis

8.Dermatitis

1.hot swimming pools

2.cottage

3.kios makanan

4.cafe

5.tempat bermain

6.taman

7.steambath therapy

8.parking area

4

Rancawalini

Ciwidey

1.Penyakit Kulit

2. Relaxation

1. hot swimming pools

2. cottage

3. kios makanan

4.tempat bermain

5

Tangkuban Perahu Crater and Hotsprings

Subang

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

3.Rhematical deseases

4.Injured organs of locomotion

5.Gynaecological disturbance

6.Nervous system

7.Sport injures

1.hot swimming pools

2.hotel/cottage

3.restaurant

4.tempat berkuda

5.tempat bermain

6.hydrotheraphy

7.electrotherapy

6

Cipanas Hot Spring

Garut

1.Penyakit Kulit

2. Relaxation

1.hot swimming pools

2.hotel/cottage

3.restaurant

4.sarana olah raga

5.tempat bermain

6.parking area

7.mudbathing therapy

7

Ciseeng Hot Water Pool

Garut

1.Penyakit kulit

2. Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

8

Cikotok Hot Spring

Tasik-

malaya

1.Penyakit Kulit

2.Relaxation

1.hot swimming pools/jacuzzi

2.hot water therapy

3. kios makanan

4. tempat bermain

5. taman

6.steamtabh therapy

7.parking area

8. cafe

9

Kamojang Crater

Garut

Penyakit Kulit

1.hot swimming pool

2.sarana olahraga

3.kios makanan

4.tempat bermain

5.parking area

10

Papandayan Crater

Garut

Penyakit Kulit

1.hot swimming pool

2. pemandangan

3. kios makanan

4. tempat bermain

5. taman

6. parking area

11

Maribaya Hot Spring

Lembang

1.Penyakit Kulit

2.Relaxation

1.hot swimming pools/Jacuzzi

2. hot water therapy

3. kios makanan

4. cafe

5. tempat bermain

6. taman

7. steambath therapy

ooo. 8. parking area

ppp. 9. waterfall

12

Batu Kapur Hot Spring

Subang

1.Penyakit Kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

13

Conggeang

Sumedang

1.Penyakit Kulit

2.Relaxation

1.Swimming pools

2.Children play ground

3.Resorts

4.Fishing pools

5.Camping ground

6. Performance ground

14

Cikundul Hot Spring

Sukabumi

1.Penyakit Kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

15

Padi-padi Beach Resort and Hot Spring

Sukabumi

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

16

Batu Kuwung Hot Spring

Serang

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

17

Galunggung Hot Spring

Tasik-malaya

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

18

Punceling Hot Spring

Ciwidey

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Kolam renang

2.Restaurant

3.Street vendour

4.Parking area

5.Steambath therapy

6.Hot waterfall

19

Sangkan Hurip Hot Spring

Kuningan

1.Penyakit kulit

2.Relaxation

1.Hot bathrooms

2.Waiting rooms

3.Sport facilities

4.Hotels

5.Inns

20

Mata Air Mesjid Agung Banten

Banten

Berbagai penyakit

1.Mata air

2.Mesjid

21

Batu Kuwung Hot Spring

Banten

Berbagai penyakit

1.Mata air

2.Swimming pools

3.Bathrooms

4.Inns

5.restaurants

SUMBER:www.healthtourism.2005

Tabel di atas menunjukkan bahwa Jawa Barat memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadikan pariwisata kesehatan sebagai alternatif pariwisata; promosi yang tepat dan kerjasama antar industri pariwisata akan memungkinkan daerah yang disebut di atas lebih berkembang dan akan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Barat.

Tabel 4

PARIWISATA KESEHATAN YANG BELUM DIKEMBANGKAN

DI JAWA BARAT

No

Nama

Lokasi

Jenis Penyakit yang Dapat Disembuhkan

Fasilitas yang tersedia

1

Cisolong Hot Spring

Pandeglang

Berbagai penyakit kulit

-

2

Tirta Pusaka Alam

Lebak Banten

Berbagai penyakit kulit

-

3

Ciracas Hot Spring

Purwakarta

Berbagai penyakit kulit

-

4

Cibolang Hot Spring

Pangalengan

Berbagai penyakit kulit

-

5

Sukasono Hot spring

Garut

Berbagai penyakit kulit

-

6

Air panas Pasirwangi

Garut

Berbagai penyakit kulit

-

7

Cipanas Pamoyanan

Tasikmalaya

Berbagai penyakit kulit

-

8

Gajawong

Tasikmalaya

Berbagai penyakit kulit

-

Sumber: Wajah Pariwisata Jawa Barat

Tabel di atas menunjukkan bahwa daerah tersebut setidaknya sudah terdaftar di lembaga pariwisata Jawa Barat baik melalui penelitian oleh perorangan maupun oleh instansi terkait. Sebenarnya Jawa Barat memiliki lebih banyak lokasi sejenis dengan yang disebutkan dalam tabel di atas, namun fasilitas penunjang yang memungkinkan daerah tersebut diketahui oleh umum sangat minim. Diduga daerah sejenis jumlahnya ratusan mengingat Jawa Barat dikelilingi oleh gunung yang sebagian diantaranya masih aktif sehingga daerah di lereng atau di kaki gunung pasti mengandung air panas yang mengandung belerang yang setidaknya dapat mengobati penyakit kulit.

Tabel 5

PARIWISATA KESEHATAN UNTUK KECANTIKAN FISIK

DI JAWA BARAT

Nama

Lokasi

Fasilitas yang tersedia

Taman Sari Royal Heritage Spa

Kampung Sampiren Garut

  1. villa spa
  2. treatment room
  3. whirlpools
  4. sauna
  5. hydrotherapy
  6. swimming pools
  7. meditation room
  8. jamu bar

Hotel Grace Sangkan Indah Spa

Cirebon

a.treatment room

b.whirlpools

c.sauna

d.hydrotherapy

e.swimming pools

Tirta Sanita Spa Resort

Kuningan

a.treatment room

b.whirlpools

c.sauna

d.hydrotherapy

e.swimming pools

Karang Setra Spa Hotel and Cottage

Bandung

a.treatment room

b.whirlpools

c.sauna

d.hydrotherapy

e.swimming pools

Pulau Umang resort and Spa

Pandeglang

a.treatment room

b.whirlpools

c.sauna

d.hydrotherapy

e.swimming pools

Sangra Resort and Spa

Lembang

a.treatment room

b.whirlpools

c.sauna

d.hydrotherapy

e.swimming pools

Jayakarta Hotel Suite and Spa

Bandung

a.treatment room

b.whirlpools

c.sauna

d.hydrotherapy

e.swimming pools

San Gria Spa

Lembang

a.treatment room

b.whirlpools

c.sauna

d.hydrotherapy

e.swimming pools

Sumber: STBA YAPARI ABA 2006

Tabel 6

PARIWISATA KESEHATAN UNTUK KECANTIKAN FISIK

DI BANDUNG

Nama

Lokasi

Gaels Rooms Spa

Griya Raya 4 bandung

La Diva

Karang tineng 1 bandung

The Cozy

Setra Mall 34-35bandung

The Spa Shop

Haring Banga 7 Bandung

Ida Spa

Cihampelas 10 Bandung

Sintage Chic

Raden Patah 6 Bandung

Dermal Science Care Centre

Sindang Sirna 27 Bandung

Epiderm Indonesia Indie PT

Taman Cibenying Bandung

Fanny Salon

Peta Kopo Plaza E4 bandung

GG Skin Care

Imam Bonjol 12/12 Bdg

Leli Dewi P Salon

Tubagus Ismail 18 Bdg

Murad Clinical Skin Care

Setiabudi 57 Bdg

Natural Green Mitra Abadi PT

Sartika 44 Bdg

Akupuntur ceter Berkah Selamat

Cibadak 246 Bdg

BJ International Stochist

Nurtanio 79/83 Bdg

Bina Dinamika Raya PT

Setrasari 33 Bdg

Century Health Care

Setrasari Mall B1

Cosmeticudo Slimming Utama PT

Gatsu 289 Bdg

Marry Cohar

Sukawangi 2 Bdg

Prima Alkasindo PT

Moh Toha 320 Bdg

Raga Fitness Centre

Sumatera 52-54 Bdg

Sanggar senam Maharani

Pasirkaliki 215

Santi Skin Center

Jln Merdeka 44 Bdg

Shake and Slope Aerobic Studio

Cipto 10 Bdg

Sosi Sport Club

Aceh 66 Bdg

Transcendental Meditation Club

Sunda 69 Bandung

SUMBER: Departemen Kesehatan 2005

Tabel-tabel di atas menunjukkan bagaimana perkembangan pariwisata kesehatan di Jawa Barat khususnya di Bandung. Kenyataan lain menunjukkan bahwa sangat banyak sumber-sumber air panas, gunung-gunung dan danau-danau yang bertebaran di seluruh wilayah Jawa Barat belum tersentuh oleh tangan-tangan investor yang terampil. Kalaupun ada beberapa yang mulai dikenal oleh masyarakat Jawa Barat, itu karena promosi dari mulut ke mulut dilakukan antar teman dan saudara. Pemerintah daerah seolah masih belum mengetahui bagaimana memanfaatkan potensi yang sangat kaya ini. Tampaknya belum ada kerjasama antar departemen terkait seperti departemen perhubungan, departemen pariwisata, departemen perhutani dsbnya untuk mengelola dan atau mendayagunakan potensi-potensi yang ada.

G. SIMPULAN

Kondisi geografi Jawa Barat yang dikelilingi oleh gunung akan memungkinkan pemerintah bergerak maju dan belajar dari negara lain yang memiliki kondisi yang mirip sehingga sumber-sumber air panas yang banyak mengandung mineral yang dapat menyembuhkan, tempat-tempat yang berhawa sehat, adanya pemandangan yang berlatang belakang faktor-faktor psikologis menyembuhkan, adanya pantai-pantai, gunung-gunung, dan danau-danau yang indah yang dilengkapi dengan berbagai pemandangan sekitar yang indah, yang secara medis pasti dapat menyembuhkan, menenangkan, menyegarkan dan menyehatkan fisik dan mental dapat dimanfaatkan secara optimal. Prospek pariwisata kesehatan di Jawa Barat sangat menjanjikan namun koordinasi yang komprehensif antar departemen yang terkait merupakan hal yang paling mendasar yang harus secepatnya dibenahi agar diperoleh skala prioritas dalam mengembangkan pariwisata di Jawa Barat. Untuk memajukannya perlu dibentuk tim kesehatan yang khusus melakukan penelitian ke daerah-daerah yang mengandung potensi di atas sehingga diperoleh laporan secara ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dari wilayah berlibur untuk kesehatan. Setelah itu pemerintah dapat melakukan pengembangan wilayah tersebut dilengkapi dengan peraturan-peraturan yang dapat menjamin adanya perkembangan wisata kesehatan.

H.DAFTAR PUSTAKA

Department of Information Republic of Indonesia.1998. Indonesia 1998, An Official Handbook. Jakarta: Perum Percetakan Negara

Finn, Emanuel, 2002, Health Tourism, Volume No 1 Issue No 23, Friday, June 28, 2002

Hadinoto, Kusudianto.1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta; Penerbit Universitas Idonesia.

Mc Intoch, Robert. W.1972. Tourism Principles, Practices and Philosophies. Ohio: Grid Inc.

Mill, Robert Cristie.2000. Tourism, The International Business. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Mlesnita, Radu Adrian, 2002, Health Tourism, Volume No 1 Issue No 23, Friday, June 28, 2002

Ningsih, Wirda, 1996, Buku Pintar Wisata Indonesia,

IGDE. Pitana,1994. Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan Bali. Denpasar: Penerbit BP

Oka A. Yoeti, 1987. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Penerbit Angkasa.

1990. Pemasaran Pariwisata. Bandung: Angkasa

1996, Anatomi Pariwisata, Bandung: PT Angkasa

2000. Harian Kompas Edisi 7 Nopember 2000 Wisata Religius. Jakarta:

Pendit, Nyoman S., 2002, Ilmu Pariwisata, Jakarta: Pt. Pradnya Paramita.

Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata, 1983, Peristilahan Kepariwisataan, Bandung: Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata.

Spillane, James J. 1987.Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

4 komentar:

  1. LIGANATION | Situs Prediksi Bola Akurat

    LIGANATION.INFO Situs Prediksi Bola Akurat | Prediksi Bola Teruptodate | Jadwal Pertandingan Sepakbola | Hasil Pertandingan Sepakbola

    Bank Support Kami >> BCA, MANDIRI, BNI, BRI, CIMB NIAGA & PERMATA

    Hubungi Kami:

    Whatsapp: +85569316567
    BBM: LGN_ID

    LINE: liganation_id
    Ingin Tahu Lebih Banyak? Silahkan Tanyakan Kepada CS Kami

    LIGANATION
    AGEN BOLA TERPERCAYA
    BANDAR BOLA TERPERCAYA
    BANDAR BOLA TERBESAR
    PASANG BOLA
    JUDI BOLA ONLINE
    JUDI BOLA
    BANDAR BOLA TEPERCAYA
    BANDAR CEME ONLINE
    BANDAR CEME TERPERCAYA
    JUDI POKER ONLINE
    JUDI CAPSA
    BANDAR CAPSA TEPERCAYA
    BANDAR CAPSA ONLINE
    AGEN CASINO ONLINE TERPERCAYA

    BalasHapus
  2. KAPAL ASIA (KAPAL JUDI)

    HOT PROMO :

    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
    kami siap membantu bosku 24jam :)
    di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^

    WA: +855 1537 8728 KAPALJUDI
    Fanspage : Kapal Judi Faigk
    IG : kapaljudi88
    Www Kapaljudi88 Net

    BalasHapus
  3. Ebobet merupakan situs slot online via deposit pulsa aman dan terpercaya, Dengan menggunakan Satu User ID bisa bermain semua game dari Bola, Live Casino, Slot online, tembak ikan, poker, domino dan masih banyak yang lain.

    Sangat banyak bonus yang tersedia di ebobet di antaranya :
    Bonus yang tersedia saat ini
    Bonus new member Sportbook 100%
    Bonus new member Slot 100%
    Bonus new member Slot 50%
    Bonus new member ALL Game 20%
    Bonus Setiap hari 10%
    Bonus Setiap kali 3%
    Bonus mingguan Cashback 5%-10%
    Bonus Mingguan Rollingan Live Casino 1%
    Bonus bulanan sampai Ratusan Juta
    Bonus Referral
    Minimal deposit hanya 10ribu

    EBOBET juga menyediakan berbagai layanan transaksi deposit dan withdraw Bank Lokal terlengkap Indonesia seperti Bank BCA - Bank BNI46 - Bank BRI - Bank Mandiri - Bank Danamon - Bank Cimb Niaga, OVO, Deposit via Ovo. Deposit via Dana, Deposit via Go Pay, Telkomsel dan XL.

    Situs :EBOBET
    WA : +855967598801

    BalasHapus
  4. Caesars Palace - Casino - DrmCD
    Play at Caesars Palace, 서울특별 출장샵 a newly renovated hotel on Lake Tahoe's famous Las Vegas Strip. 창원 출장안마 Visit Caesars Palace Casino 부산광역 출장샵 Resort and other resorts 울산광역 출장샵 in South Africa. 영주 출장샵

    BalasHapus